Selasa, 25 Desember 2012

Semakin banyak seseorang mengeluarkan kotoran maka semakin bagus (sehat), kenapa? Karena artinya orang tsb banyak mengkonsumsi makanan mengandung serat. Mengapa begitu? Karena semakin banyak kita mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, volume kotoran semakin besar. Dijelaskan bahwa makanan berserat ini memiliki efek mencegah sembelit, kegemukan, radang usus besar, diabetes, dan penyakit lainnya.

Tinja atau feses atau dalam bahasa kasarnya disebut tahi adalah produk buangan saluran pencernaan hewan yang dikeluarkan melalui anus atau kloaka.

Serat adalah unsur yang terkandung dalam bahan makanan nabati yang tidak terurai ketika melewati usus kecil dan sebagai sumber energi, serta berperan dalam membersihkan segala macam bahan buangan yang ada dalam tubuh. Ada serat yang larut dalam air dan serat yang tidak larut dalam air. Yang larut dalam air yaitu seperti yang terkandung dalam apel dan rumput laut yang mempunyai efek pencegahan dan penyembuhan penyakit orang dewasa. Serat yang tidak larut dalam air adalah bahan dasar selulosa, lignin dan lain-lain yang membantu mencegah sembelit dan pergerakan usus.

Bahan makanan yang mengandung serat adalah biji-bijian, buah, sayuran, jamur, kacang-kacangan dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar